Searching

Senin, 06 April 2015

Pengertian Proxy Server, Cara Kerja Proxy Server dan Konfigurasi Proxy Server

PROXY SERVER

1. Pengertian Proxy Server

Pengertian proxy adalah suatu server yang menyediakan layanan untuk meneruskan setiap permintaan kita kepada server lain di internet. Dengan proxy, maka identitas komputer anda berupa IP menjadi tersembunyi dikarenakan yang dikenali server yang direquest adalah IP dari server proxy anda. Proxy ini pada umumnya digunakan untuk kegiatan menyembunyikan identitas atau untuk menghindari pemblokiran akses ke suatu server.

2. Cara Kerja Proxy Server

Cara kerja proxy server adalah client yang tersambung dengan proxy server dan meminta layanan tertentu seperti file, koneksi, akses web page, ataupun lainnya. Proxy server yang digunakan akan mengevaluasi permintaan layanan tersebut sesuai dengan aturan filternya. Sebagai contoh, proxy server dapat menyaring traffic berdasarkan IP (Internet Protocol) address. Jika permintaan itu divalidasi oleh fiternya, maka proxy akan menyediakan apa yang diminta dengan menyambung ke server yang diminta dan meminta layanan dari server tersebut untuk clientnya.
Pada saat user/client dari jaringan lokal (192.168.1.3) mengakses internet (www.facebook.com) lewat browser maka PC client tersebut akan menghubungi proxy server melalui eth1 (192.168.1.2) kemudian proxy server meneruskan request tersebut melalui eth0 (82.12.20.42), kemudian diteruskan ke alamat server yang direquest user, setelah mendapat respon balik ke proxy server akan diteruskan kembali ke user. Dan terbukalah tampilan http://www.facebook.com pada browser user.


3. Konfigurasi Proxy Server

Adapun langkah-langkah untuk membuat proxy server adalah sebagai berikut:

1. Install paket squid
root@server-tkj:/home habib# apt-get install squid
Jika muncul pesan pertanyaan “Do you want to continue [Y/n]?” Ketikkan y lalu ENTER. Kemudian tunggu hingga proses instalasi paket squid selesai.

2. Edit isi file squid.conf yang terdapat dalam direktori /etc/squid/.
root@server-tkj:/home/habib# nano /etc/squid/ squid.conf

3. Cari script “http_port 3128” dengan menggunakan tombol keyboard Ctrl + w. Tambahkan script seperti pada gambar sebelah kanan berikut:













 4. Kemudian cari lagi script “acl CONNECT” dengan tombol keyboard Ctrl + w. Tambahkan script seperti gambar sebelah kanan berikut:

















5. Cari juga script http_access deny all, kemudian tambahkan di depannya tanda #. Setelah selesai simpan hasil konfigurasi tersebut.













6. Kemudian jalankan perintah squid –z.
root@server-tkj:/home/habib# squid –z

7. Selanjutnya isi file url yang sudah didefinisikan pada file squid.conf pada langkah 4 di atas, dengan alamat-alamat situs yang akan diblokir, misalnya sex.com, bokep.com, fuck.com, dan sebagainya.
root@server-tkj:/home/habib# nano /etc/squid/url

8. Isi dengan script seperti pada gambar berikut:






9. Isi juga pada file key dengan script kata kunci untuk memblokir situs-situs tertentu. Artinya, situs-situs yang mengandung kata kunci tersebut akan diblokir oleh proxy server. File ini juga telah didefinisikan pada file squid.conf.
root@server-tkj:/home/habib# nano / etc/squid/key
10. lsikan script seperi pada gambar di bawah ini:








11. Ulangi lagi perintah squid –z seperti pada langkah 6 di atas. Kemudian perhatikan hasilnya.
root@server-tkj:/home/habib# squid -z
12. Restart hasil konfigurasi pada paket squid tersebut.
root@server-tkj:/home/habib# /etc/init.d/squid restart




Tidak ada komentar:

Posting Komentar